3 Fase Demam Berdarah yang Wajib Anda Ketahui

Fase Demam BerdarahSalah satu penyakit yang disebabkan oleh nyamuk dan dapat membahayakan bahkan sampai menyebabkan kematian yaitu DBD. Tahukah anda tentang apa saja fase yang terjadi pada penyakit dbd? untuk lebih jelas, mari kita simak ulasannya dibawah ini.

Demam berdarah merupakan penyakit yang sering muncul pada saat musim hujan, jutaan kasus kematian dapat terjadi diberbagai negara karena disebabkan oleh penyakit dbd. Kondisi penyakit ini dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. Jika penyakit ini tidak mendapat penanganan dan pengobatan dbd yang tepat maka akan menimbulkan komplikasi yang lebih serius.

Seseorang yang mengalami demam berdarah biasanya akan mengalami 3 fase. Berikut adalah penjelasan tentang 3 fase pada penyakit demam berdarah :

      1. Fase demam.
        Ketika seseorang terinfeksi virus dengue biasanya akan mengalami gejala yang khas yaitu demam yang datang secara tiba-tiba hingga mencapai 39-41°C yang berlangsung selama 3-7 hari. Selain ditandai dengan demam yang tinggi penderita juga akan mengalami sakit kepala, dan nyeri pada seluruh badan sehingga menyebabkan penurunan sel darah putih. Untuk mencegah adanya kondisi yang lebih serius sebaiknya penderita diberikan banyak air minum supaya mencegah dehidrasi pada tubuh.
      1. Fase kritis.
        Setelah penderita mengalami demam yang tinggi, biasanya penderita dilanjutkan dengan fase kritis yang akan ditandai dengan penurunan suhu tubuh sampai 37°C kesuhu normal hal ini dapat menjadi tanda penderita akan mengalami resiko tinggi seperti pendarahan dan kebocoran pembuluh darah.
        Jika penderita sudah memasuki fase kritis sebaiknya harus ditangani dengan cepat untuk menghindari terjadinya syok. Pada fase kritis akan berlangsung tidak lebih dari 24 sampai 48 jam.
    1. Fase penyembuhan.
      Fase terakhir dari penyakit demam berdarah yaitu penyembuhan yang akan ditandai dengan suhu tubuh menjadi normal dan akan mengalami pengembalian cairan tubuh secara perlahan pada 48-72 jam. Fase penyembuhan juga akan ditandai dengan kembalinya nafsu makan, dan penurunan gejala nyeri pada perut.

Untuk mencegah terjadinya kehilangan nyawa atau kematian, sebaiknya jika penderita sudah mengalami gejala tinggi segera lakukan penanganan kepada dokter dan pengobatan yang tepat.

Demikian informasi tentang 3 fase pada demam berdarah semoga bermanfaat dan terimakasih telah menyimak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s